Permudah dokumentasi silsilah keluarga dengan bantuan software Genealogy


Sewaktu Alm. Bapak saya masih hidup, saya pernah diminta untuk menyusun silsilah keluarga kami oleh beliau. Tadinya saya menganggap hal itu mudah saja dengan adanya dukungan teknologi komputer. Tetapi ternyata hal itu tidak semudah yang saya bayangkan. Dari sisi penyajian dokumennya, ternyata sangat sulit membuatnya agar dapat menjadi kecil dan mudah dibaca, sehingga dapat dijadikan pegangan masing-masing anggota keluarga, mengingat dokumen tersebut bersifat hierarki dan membutuhkan media kertas yang besar untuk dapat menampung silsilah secara lengkap. Terlebih lagi ketika sedang dalam proses penyusunan, ada anggota keluarga yang lupa untuk dicantumkan, sehingga harus menyisipkannya, dan mungkin dapat mengacak-acak susunan yang sebelumnya sudah rapi. Pastinya stress bukan??   bukaaaaaaann!!!! 😀

Akhirnya apa yang terjadi?? tidak ada.. tidak ada satupun yang berhasil selesai dari sekian banyak dokumen yang coba saya buat itu. Tidak berhenti disitu, saya kemudian mencoba membuatnya melalui aplikasi database. Kebetulan saya juga berprofesi sebagai seorang programmer atau bahasa kerennya Software Developer  😛 (padahal gak jago” amat) Tapi, akhirnya saya menyerah, karena si bosan & si malas pun datang untuk ikut nimbrung dalam menggagalkannya, disamping terlalu banyak urusan dunia yang bikin kalang kabut.😉

Untungnya saat ini ada sebuah software yang memang didesain secara khusus untuk menangani urusan nenek moyang ini.. upss…maap!!!  silsilah keluarga.  Program tersebut bernama GRAMPS (Genealogical Research and Analysis Mangement Programming System). Dan kabar baik lainnya, program tersebut dapat anda peroleh secara gratis alias tanpa bayar & tidak dikenakan pajak 🙂 karena sifatnya yang Open Source.

Nah!!, untuk kamu yang buta dengan asal usulmu, mungkin perlu mulai menjelajahi keluarga dengan modal sebuah laptop & software ini untuk mendokumentasikannya. Silahkan sedot GRAMPS disini

(GF)

