Penanganan error Ink Absorber Full pada printer Canon


Bahkan saya bingung sendiri waktu mencari judul untuk artikel ini. Tapi intinya saya mau sharing pengalaman tentang error yang selalu terjadi pada setiap printer canon. Sebelum mempostingnya disini, cara ini sudah saya coba pada printer canon Ip1980 dan berhasil. Error ini akan selalu terjadi pada printer canon type apa saja, saya katakan demikian karena hal ini sering saya alami sendiri.

Penyebab error seperti ini disebabkan oleh penuhnya bantalan penampung tinta buangan cartridge. Setiap saat ketika printer dihidupkan atau pada saat proses cleaning dijalankan, pompa tinta pada cartridge akan  mendorong tinta keluar dan dibuang ke bantalan penampung di bawahnya.  Semakin lama bantalan ini semakin penuh hingga akhirnya ketika tidak lagi mampu menampung dan muncullah pesan error Ink Absorber is Full

Penanganan error seperti ini sebenarnya bisa ditangani sendiri tanpa harus menggunakan jasa service. Namun jika kita hanya fokus untuk menghilangkan errornya saja, sementara tinta tetap terus mengalir memenuhi bantalan penampung maka yang terjadi adalah tinta akan bocor kemana-mana di dalam printer dan tentunya akan menetes keluar dari casingnya dan mengotori meja.

Untuk itu meski errornya bisa kita perbaiki sendiri namun jasa service tetap dibutuhkan disini untuk memodifikasi selang pembuangan agar dijulurkan keluar dari casing printer, seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya setelah dimodifikasi, biasanya error tetap akan muncul, nah disinilah peran anda dalam menghilangkan error tersebut dengan cara yang sedikit unik. Sebelumnya download dulu software Ip Tool disini, kemudian ikuti langkah berikut ini :

  1. Cabut kabel power.
  2. Tekan dan tahan tombol power kemudian pasangkan lagi kabel power yang tadi.
  3. Tetap tahan tekanan pada tombol power, kemudian tekan tombol resume 1x
  4. Lepas tombol power.

Sampai tahap ini sebenarnya printer sudah bisa digunakan, akan tetapi error “Ink Absorber Full” akan tetap muncul. Dalam kondisi ini silahkan buka Ip Tool yang sudah didownload tadi. selanjutnya :

  • Di bagian kanan atas jendela aplikasi, pilih USB port sesuai dengan port tempat printer terhubung.
  • Klik tombol Device Id (di kotak get device id)
  • Klik tombol platen (di kotak Clear waste ink counter)
  • Centang pilihan cleaning dan EEPROM clear
  • masukkan ketas ke printer kemudian tekan tombol test pattern1

Setelah langkah terakhir tadi printer akan mencetak, tunggu sampai selesai kemudian matikan printernya selanjutnya nyalakan lagi. Pada kasus yang saya temui, error biasanya kembali muncul. Jika ini terjadi, tekan dan tahan tombol resume pada printer sampai lampu kuning di printer kembali berwarna hijau. Sampai pada langkah ini saya berhasil membuat printer saya kembali bekerja seperti sebelumnya tanpa masalah. Entah dengan printer Anda, tapi ada baiknya ikuti dulu langkah di atas secara cermat.  Silahkan….

Iklan