Awas… kegiatan komputer anda dimata-matai !!!


Petuah bijak yang mengatakan ilmu dan teknologi bagaikan dua mata pisau ada benarnya. Refog Keylogger adalah sebuah aplikasi yang sebenarnya dibuat untuk tujuan memantau kegiatan komputer karyawan sebuah perusahaan. Namun pada kenyataannya software ini sering digunakan oleh hacker untuk memantau kegiatan komputer korbannya.

Evaluate method selama 7 hari yang diterapkan malware ini adalah waktu yang lebih dari cukup untuk memantau kegiatan komputasi orang lain secara komplet. Bayangkan apapun yang kita lakukan dengan komputer kita, bisa direkam oleh aplikasi ini dan kemudian mengirimkannya ke alamat email tertentu. Apalagi untuk anda yang senang melakukan transaksi melalui internet, maka berhati-hatilah terhadap malware yang satu ini.

Dilihat dari kemampuannya, aplikasi ini sebenarnya lebih pantas menyandang kategori full spyware dibanding keylogger seperti yang disematkan pada namanya. Keberadaannya yang tidak bisa dideteksi hanya dengan antivirus biasa membuatnya pantas mendapatkan peringkat pertama untuk kategori malware yang perlu diwaspadai. Anda tidak akan menemukannya di task manager, bahkan di dalam daftar aplikasi yang terinstal di komputer anda.

Kemampuan malware ini yakni merekam semua ketukan keyboard, meng-capture tampilan layar secara otomatis, memantau aplikasi yang sedang aktif,  menyimpan semua nama situs yang pernah dikunjungi korban, menyimpan semua isi clipboard. Kemampuan terakhir ini sangat berbahaya, karena meskipun  Anda terbiasa login dengan mencopy paste id login anda pada form login sebuah website atau program, maka cara tersebut tidak akan mengecoh malware ini karena semua isi clipboard Anda bisa direkamnya.

Cara untuk mendeteksi keberadaan malware ini adalah dengan menekan Ctrl+Shift+Alt+K. Shortcut ini adalah default untuk menampilkan screen malware tersebut dan tidak akan berhasil jika settingnya sudah dirubah terlebih dahulu oleh hacker pada saat menginstallnya di komputer anda. Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan masuk ke folder C:\Documents and Settings\All Users\Application Data. Jika Refog Keylogger sedang bersemayam di komputer Anda, maka pada folder ini biasanya akan terdapat folder MPK, namun beratribut hidden jadi Anda harus merubah atribut tampilan folder dulu dari folder option agar bisa melihatnya. Selain itu di folder C:\Windows\System32 juga terdapat folder MPK yang berisi file induk malware ini. Jika sudah mengetahui lokasinya, mau Anda cincang, bakar trus dijadiin sate atau mau Anda goreng tinggal terserah Anda, yang penting jangan komputernya yang di banting. 🙂 Salam… (NG)

Iklan