Dell Siapkan Netbook MeeGo & Moblin


SAN FRANCISCO – Setelah dihempas isu mengenai bocornya tablet Dell yang bernama Streak, kini perusahaan tersebut disambut isu yang lainnya. Menurut berita, Dell menyiapkan sebuah netbook dengan performa baru.

Netbook yang mempunyai layar 11 inchi itu akan didatangkan dengan platform Pine Trail, dan prosessor dari ARM yang disebut Athens dan Sparta. Hardware tersebut membuat netbook ini menjadi sangat ringan hingga di bawah 1 Kg.

Nah, jika ARM betul mensupport netbook Dell yang baru, tentu saja kecil kemungkinan sistem operasi yang digunakan adalah Windows. Rumor yang merebak, netbook ini akan menggunakan Android. Malahan ada juga menyebutkan OS ini disematkan dengan MeeGo dan Moblin.

Softpedia, Selasa (27//4/2010), melaporkan dengan kolaborasi antara ARM dengan OS yang berbasis kernel Linux, selain akan membuat perangkat ini jadi lebih murah juga akan menjadikan konsumsi energi listrik jauh lebih hemat.

Sayang belum diketahui kapan netbook MeeGo dan Moblin ini akan dihadirkan karena jeroan Sparta dan Athens saja baru akan dirilis oleh produsennya pada Oktober dan November mendatang. Yang jelas, kehadiran OS ini semakin membuktikan kalau Dell serius mengembangkan netbook dengan varian yang beragam.
(tyo)

Sumber : http://techno.okezone.com

Iklan