Apa itu Malware ?


Malware merupakan istilah singkat yang digunakan untuk menggambarkan sebuah program “jahat”. Malware mencakup hal-hal seperti spyware atau adware program, seperti pelacakan cookie, yang digunakan untuk memantau kebiasaan surfing korban. Ini termasuk yang lebih seram, seperti keyloggers, trojan horse, worm, dan virus.

  • Keylogger

Cara kerja keylogger adalah seperti namanya. Yaitu merekam setiap ketukan tombol keyboard korban dan kemudian mengirimkan informasinya kepada si pembuat, termasuk hal-hal seperti password, nomor rekening bank, dan nomor kartu kredit. Malware jenis ini masuk dalam kategori Spyware.

  • Tojan Horse

Trojan horse dapat selain dapat  merusak sistem juga dapat menginstal sebuah “backdoor” yang akan digunakan untuk mengirimkan informasi pribadi korban ke komputer lain. Malware jenis ini biasanya masuk ke komputer melalui file-file aplikasi yang didowload atau script-script yang ditanamkan pada sebuat website.

  • Virus & Worm

Virus atau worm dapat membajak sistem. Jenis malware ini kemudian dapat digunakan untuk mengirimkan spam atau berbagai kegiatan jahat lainnya tanpa disadari. Virus biasanya melampirkan program lain, sementara worm berdiri sendiri. Keduanya dapat menyebabkan kerusakan parah karena memakan sumber daya sistem, hingga mengakibatkan komputer hang. Virus dan worm biasanya menggunakan email untuk menyebar ke komputer lain.

Jadi kesimpulannya semua jenis kode atau program yang digunakan untuk memantau dan mengumpulkan informasi pribadi, mengganggu atau merusak komputer, disebut sebagai malware. Bahkan, malware dapat menjadi semua jenis kode berbahaya, meskipun itu belum diidentifikasi sebagai worm, Trojan, dll. Program anti-virus yang baik ialah yang dapat dikonfigurasi untuk memindai email untuk semua jenis kode yang berbahaya atau yang dicurigai.

Program Anti-virus yang selalu ter-update dapat memberikan perlindungan yang baik  Namun, terkadang database antiviruspun sering kurang lengkap dari beberapa jenis malware, seperti Trojans dan spyware, sehingga merupakan ide yang baik untuk menjalankan minimal satu program anti-adware. Memanfaatkan firewall juga cukup membantu. Meskipun tidak akan menghapus malware, namun setidaknya firewall dapat menjaga program-program dari akses internet dan menjaga pengiriman informasi pribadi kepada hacker.

(AC)

Iklan