Cegah penyebaran virus melalui flash disk ke komputer anda


Media penyebaran virus yang paling sering digunakan saat ini adalah flash disk. Fasilitas autorun pada Windows XP telah menjadi salah satu penunjang penyebarannya, karena ketika flash disk masuk ke USB drive secara otomatis Windows akan menjalankan autorun.inf pada background tanpa adanya konfirmasi user.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terkena virus tersebut adalah dengan mendisable fitur autorun pada drive USB.  Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan fasilitas Gpedit.msc

  1. Klik tombol Start – Run.
  2. Ketik gpedit.msc dan tekan OK.
  3. Klik pada User ConfigurationAdministrative TemplatesSystem.
  4. Klik 2x pada Turn Off Autoplay.
  5. Klik pada option Enable.
  6. Pada option Turn off Autoplay on, pilih All drives.
  7. Klik OK.
  8. Selesai.

Nb: Fasilitas ini hanya terdapat pada Windows XP Professional

  • Menggunakan bantuan aplikasi TweakUI

Salah satu cara yang termasuk paling mudah untuk mematikan autorun tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi TweakUI yang merupakan salah satu paket aplikasi Microsoft PowerToys for Windows XP.  Aplikasi ini berfungsi untuk memodifikasi registry windows, kita tinggal memilih penyetelan yang kita inginkan. Caranya :

  1. Bukalah TweakUI
  2. Pilih menu My ComputerAutoplayTypes
  3. Non aktifkan Enable Autoplay for removable drive
  4. Klik OK

  • Dengan tombol keyboard

Salah satu cara menon aktifkan autorun adalah dengan menekan tombol shift pada saat memasukkan Flash Disk pada USB drive. Cara ini hanya akan mematikan autorun sementara, setelah tombol dilepas fitur ini akan kembali aktif.

Selamat mencoba !!

(AC)

Iklan