Mudahnya menggambar 3D dengan Google SketchUp


Saat ini menggambar sebuah objek 3D tidak lagi sesulit dulu. Beberapa software gambar saat ini banyak sekali bertebaran di beberapa situs. Dari yang berbayar sampai dengan yang gratisan.

Autocad adalah salah satu software gambar yang sangat populer dikalangan arsitek. Namun sayang pengoperasiannya cukup rumit. Dibutuhkan waktu untuk dapat menguasai software tersebut. Apalagi untuk membuat hasilnya menjadi 3D, maka harus mengexportnya ke software 3D max dan tentunya kita juga harus menguasai software tersebut.

Google telah mengeluarkan sebuah software gambar 3D gratis yang sangat mudah dioperasikan, software tersebut adalah Google SketchUp.

Dilihat dari versinya yang saat ini sudah mencapai versi 7 menandakan bahwa software ini sebenarnya sudah lama di release namun kurang populer karena imagenya yang lebih dikenal hanya sebagai search engine & email provider.

Kemudahan yang disediakan software ini adalah teknik menggambar 3D yang real time tanpa harus mengkonversinya lagi. Fitur yang disediakan juga sangat lengkap dan mudah seperti menggambar dengan menggunakan paint brush. Tidak hanya itu, Google juga menyediakan berbagai komponen yang bisa di download dan menempatkannya pada gambar yang kita buat seperti meja, kursi, lemari dll.

Fitur lain yang juga disediakan adalah paint bucket yang berfungsi untuk melakukan pewarnaan pada gambar sesuai texture bahan asli sehingga membuat kesan gambar lebih hidup.

Untuk anda yang ingin menggambar 3D secara real time maka pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan software ini. Anda bisa menggambar rumah impian anda dan merasakan suasana di dalamnya dengan nuansa 3D, sehingga meski anda belum memiliki modal untuk membangunnya paling tidak anda sudah bisa membayangkan bagaimana nantinya keadaan dalam rumah impian anda.

Di bawah ini adalah contoh gambar rangka bangunan kayu yang saya buat dengan menggunakan Google SketchUp

Gambar Rangka bangunan kayu

Selamat mencoba!!

(AC)

Iklan