Backup Aktivasi Windows Anda!!


Tahukah anda bahwa mahalnya harga yang anda bayarkan untuk membeli CD Microsoft Windows XP original tidak menjamin bahwa anda bisa bebas menginstall selamanya??
Pengalaman pribadi saya dengan Windows XP Home Edition membuktikan bahwa harga yang kita bayarkan untuk produk tersebut ternyata hanya berlaku untuk 6 x aktivasi. Selebihnya Microsoft akan meminta serial  number lain pada saat akan mengaktivasi ulang. Jika itu yang terjadi, maka produk yang anda beli dengan harga yang tidak murah tersebut seketika menjadi sampah yang meskipun masih dapat digunakan namun akan merepotkan karena setelah 30 hari sistem tidak bisa digunakan lagi. Kecuali mungkin anda mau merepotkan diri dengan menelpon ke Microsoft Indonesia untuk melakukan aktivasi lagi. Namun bagi anda yang tidak ingin lagi melakukan aktivasi Windows XP anda, ada cara untuk mengakalinya.
Windows XP menyimpan informasi konfigurasi perangkat keras komputer pada saat aktivasi, seperti status aktivasi produk, info kadaluarsa dari instalasi XP, dan spesifikasi perangkat keras saat itu di file WPA.DBL%SystemRoot%\System32. Untuk mengamankan file WPA.DBL, Microsoft mengenkripsi file dengan algoritma RC4. Namun, file WPA.DBL tidak dilindungi, dan jika pengguna menghapus file tsb, pengguna harus mengaktifkan kembali Windows XP lagi. Pengguna tidak akan mampu mengembalikan WPA.DBL dengan menggunakan Sistem Restore karena tidak termasuk dalam mekanisme backup. yang terletak pada direktori
Karena semua konfirmasi aktivasi tersimpan pada file WPA.DBL, pengguna bisa melakukan backup thd file WPA.DBL yang sudah dalam kondisi ter-aktivasi dan melakukan restore pada saat Windows akan di install ulang. Dengan mengganti file WPA.DBL di Windows XP baru dan memakai file WPA.DBL yang sudah diaktifkan, pengguna tidak perlu melakukan proses aktivasi online lagi atau harus menghubungi pihak Microsoft untuk melakukan aktivasi via telpon dan mengetik kode aktivasi kembali.
CATATAN PENTING
Perhatikan bahwa trik ini hanya bekerja jika anda tidak membuat perubahan signifikan pada hardware. Pada setiap proses boot, sistem akan menganalisis perangkat keras saat itu dan membandingkannya dengan yang tersimpan pada informasi konfigurasi perangkat keras. Jika ada perubahan perangkat keras, Windows akan membuat catatan mengenai perubahan dalam file WPA, tetapi juga menyimpan konfigurasi asli untuk referensi. Jika perubahan terlalu signifikan, atau ada sudah terlalu banyak perubahan, Windows XP akan me-reset kembali file WPA.DBL dengan status non-aktif (ukuran file hanya 2K), dan pengguna harus melakukan proses untuk mengaktifkan kembali.
Jika pengguna berencana untuk membuat perubahan konfigurasi perangkat keras, juga dianjurkan untuk membuat backup file WPA.DBL sehingga pengguna dapat dengan mudah mengembalikan kembali ke posisi saat sudah diaktifkan tanpa perlu menghubungi Microsoft lagi setiap kali perubahan hardware.
Cara Backup & Restore :
  • Buka My Computer atau Windows Explorer.
  • Arahkan ke direktori %SystemRoot%\System32 (biasanya C:\Windows\System32). Anda mungkin harus mengklik Show the contents of this folder untuk menampilkan isi file.
  • Salin WPA.DBL dan WPA.BAK ke media penyimpanan seperti floppy disk, USB flash disk, portabel hard disk eksternal atau melakukan proses burning file ke CD atau DVD.
  • Lakukan proses format dan lakukan instalasi ulang Windows XP pada komputer yang sama.
  • Setelah penginstalan selesai dan muncul window Windows XP Out of Box Experience (OOBE), klik tombol No.
  • Restart komputer dan tekan F8 pada saat boot dan kemudian pilih Minimal Safe Mode pada menu “Advanced Boot Options“.
  • Buka My Computer atau Windows Explorer.
  • Arahkan ke direktori %SystemRoot%\System32 (biasanya C:\Windows\System32). Anda mungkin harus mengklik Show the contents of this folder untuk menampilkan isi file.
  • Ganti nama WPA.DBL dan WPA.BAK (jika ada) pada direktori tersebut.
  • Salin WPA.DBL dan WPA.BAK asli ke direktori %SystemRoot%\System32.
  • Restart komputer, beberapa saat kemudian permintaan aktivasi akan kembali muncul, klik untuk aktivasi namun anda tidak perlu lagi memasukkan cd key lagi. Selanjutnya akan muncul pesan bahwa aktivasi anda telah berhasil. Selamat mencoba….!!!

Jangan berharap untuk dapat meng-hack dan mem-bypass aktivasi XP dengan menyalin file tsb dari PC lainnya, karena cara tersebut tidak akan berhasil.

Iklan